Subscribe:

6 Apr 2013

Secara garis besar pembuatan program komputer dapat digambarkan sebagai berikut:

Masalah -----> Algoritma (Flowchart) ------> Bahasa Pemrograman ---> Komputer ----> Output



1) Masalah diuraikan secara jelas :

  1. Inti masalah
  2. Input
  3. Output

2) Selanjutnya pelajari proses penyelesaian masalah, kemudian “ Tulis algoritma / buat flowchartnya”

3) Algoritma / flowchart ( bagan alir ) diterjemahkan ke dalam BAHASA PEMROGRAMAN

Intinya pekerjaan Pemrogram adalah :

  1. Menentukan tahapan penyelesaian masalah
  2. Membuat algoritma / flowchart
  3. Menterjemahkan ke dalam BAHASA PEMROGRAMAN


ALGORITMA

ALGORITMA : deskripsi langkah-langkah pemecahan suatu masalah / pekerjaan, yang dinyatakan secara sistematis, berakhir dalam selang waktu yang terbatas dan menghasilkan output seperti yang diharapkan.

Keuntungan membuat algoritma:

  1. Mempermudah pemrograman
  2. Dalam 1 algoritma, dapat dibuat implementasinya dalam beberapa bahasa pemrograman ( Matlab, Pascal, Fortran, C, Java, Delphi, dan lain-lain ).

ILUSTRASI

Berikut ini diberikan contoh algoritma untuk permasalahan : “ PAGI INI SAYA HARUS PERGI KULIAH“.

PENYELESAIAN

Terlebih dahulu, nyatakan : masalahnya, inputnya dan outputnya ( misalnya sebagai berikut )

Masalah : Pergi kuliah

Input : pakaian, uang saku

Output : Mengikuti kuliah


ALGORITMANYA:

  1. Bangun pagi
  2. Menyiapkan pakaian
  3. Mandi pagi
  4. Menyiapkan diri ( berpakaian)
  5. Makan pagi
  6. Pergi ke kampus ( bawa uang untuk ongkos)
  7. Mengikuti kuliah
· Mungkin saja membuat urutan langkah penyelesaiannya berbeda, mungkin ada langkah yang bisa ditukar urutannya, ( dalam pemrograman, seperti ini biasa terjadi ).

Jadi program komputer dapat dirancang sederhana atau sesempurna mungkin untuk menghasilkan output terbaik.

CONTOH:

Buat algoritma untuk menghitung luas segitiga, jika yang diketahui panjang alas dan tinggi segitiga.

PENYELESAIAN:

Masalah : Luas segitiga

Input : Panjang alas dan tinggi segitiga

Output : Luas segitiga



LANGKAH-LANGKAH PENYELESAIAN:

1. Masukkan panjang alas ( a ) dan tinggi segitiga ( t ).

2. Hitung luas segitiga dengan rumus :1/2 x alas x tinggi

3. Cetak hasil

ALGORITMANYA: ( Kadang-kadang ditulis dengan pseudocode )

//Menghitung Luas segitiga dengan panjang alas dan tinggi segitiga diketahui //

1. Baca ( a , t )

2. Luas = (a x t) / 2

3. Cetak ( Luas )

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ajjiiiiib (Y)

fahrul hamzah rizaldi mengatakan...

terima kasih, materinya ringkas,padat dan jelas, sangat mudah dimengerti... kunjungi juga blog kita di https://www,atmaluhur.ac.id

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Belajar Matematika